Minggu, 18 Februari 2024

Soal ESay PAI SMP

  1. Tuilskan Asmaul Husna beserta artinya ?
  2. Apa yang dimaksud dengan Iman ?
  3. Meyakini kitab-kitab Allah merupakan iman coba uraikan ?
  4. Jelaskan secara singkat jika kalian beriman kepada Malaikat ?
  5. Apa perbedaan Manusia dan JIN


1. Asmaul Husna bermakna nama yang indah dan baik. Asmaul Husna adalah nama yang menggambarkan keindahan dan sifat-sifat Allah SWT. Nama-nama indah dan baik Allah SWT atau Asmaul Husna dapat ditemukan dalam kitab suci Al-Qur’an. Setiap Asmaul Husna memiliki arti dan makna tersendiri yang tentunya sangat baik.


      • Al Samii السميع = Yang Maha Mendengar
      • Al Khabiir الخبير = Yang Maha Mengenal atau mengetahui.
      • Al Bashiir البصير = Yang Maha Melihat
      • Al `Alim العليم = Yang Maha Mengetahui

2. Iman artinya percaya, Beriman kepada Malaikat Allah artinya percaya bahwa malaikat benar” mahluk Allah yang diciptakan dari Nur, dan tidak memiliki sahwat, sehingga selalu taat pada perintah Allah. 

3. Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman ketiga. Kitab adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul. Menurut bahasa (etimologi) kata "kitab" memiliki dua pengertian. Pertama, berarti perintah. Kedua, berarti tulisan di atas kertas, karya tulis. Kitab-kitab tersebut berisi kumpulan wahyu yang dibukukan dalam satu kumpulan utuh. Setiap muslim wajib beriman kepada semua kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada para rasul-Nya. membenarkan bahwa Allah mempunyai kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Kitab-kitab Allah itu berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia. Kandungan yang ada dalam kitab tersebut berisi kebenaran yang wajib diikuti dan dilaksanakan. kitab Allah ada 4 yaitu taurat (musa) zabur (daud) injil (isa) dan al-qur'an (nabi muhammmad)

4. beriman kepada Malaikat berasal dari bahasa Arab ‘malak’ yang memiliki arti pembawa pesan, bentuk jamaknya adalah ‘malaikah’. Malaikat diyakini sebagai makhluk surgawi, diciptakan dari cahaya oleh Allah SWT. Iman kepada malaikat merupakan kewajiban yang Allah perintahkan. berikut ini 10 malaikat yang wajib di imani ;

  1. Malaikat Jibril Tugasnya menyampaikan wahyu
  2.     Malaikat Mikail Tugasnya membagi Rizki
  3.     Malaikat Izroil Tugasnya mencabut nyawa
  4.     Malaikat isrofil Tugasnya meniup sangkakala
  5.     Malaikat Rokib Tugasnya mencatat perbuatan manusia
  6.     Malaikat Atid Tugasnya mencatat perbuatan manusia
  7.     Malaikat Munkar Tugasnya menanya dialam kubur
  8.     Malaikat nakir Tugasnya menanya dialam kubur
  9.     Malaikat Malik Tugasnya menjaga neraka
  10.     Malaikat Ridwan Tugasnya menjaga surga
5. Jin dan manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang hidup di kedua alam yang berbeda. Jin hidup di alam ghaib atau alam nonmateri sementara manusia hidup di alam dunia atau di alam materi, kedua mahluk ini memiliki persamaan, yaitu ; mati, hidup, berkelompok, berhubungan, makan, tidur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar