Rabu, 28 Februari 2024

Esay PAI 2024

 Jawablah pertanyaan berikut ?

1.      Tuliskan Huruf Qolqolah ?

2.      Tuliskan contoh ayat atau surah yang terdapat Qolqolah ?

3.      Apa yang dimaksud dengan Qolqolah ?

4.      Apa makna Qabliyah dan Ba’diyah ?

5.      Mengapa sholat sifat Hukumnya wajib coba jelaskan ? 



sumber gambar : id.pinterest.com

Qolqolah dalam ilmu tajwid ; Mengetahui atau mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah, namun mengamalkan membaca Alquran hukumnya fardhu ‘ain yang berarti semua qari atau orang yang membaca Alquran wajib menerapkan bacaan tajwid saat membaca ayat-ayat Alquran. Dalam ilmu tajwid, dikenal sifat-sifat huruf pada saat membunyikan dalam makhrajnya. Qalqalah termasuk salah satu sifat huruf yang tidak memiliki lawan kata dan qalqalah merupakan hukum bacaan yang menjadi bagian dari ilmu tajwid.  pengertian qalqalah dalam ilmu tajwid, berarti memantulkan getaran suara ketika membaca lafal yang terdapat pada huruf qalqalah yang berharakat sukun atau diwaqafkan.

Qalqalah adalah mantul bunyi huruf tertentu lantaran sukun dengan mati asli, karena waqaf dengan dimatikan, dan tasydid/syiddah karena waqaf.

pengertian qalqalah dalam ilmu tajwid, berarti memantulkan getaran suara ketika membaca lafal yang terdapat pada huruf qalqalah yang berharakat sukun atau diwaqafkan.

Qalqalah adalah mantul bunyi huruf tertentu lantaran sukun dengan mati asli, karena waqaf dengan dimatikan, dan tasydid/syiddah karena waqaf.

pentingnya sholat  "Shalat adalah panggilan Allah, olehnya sebagai umat muslim wajib hukumnya melaksanakan perintah Allah subhanahu wa ta'ala. Shalat sebagai bentuk ketaqwaan umat kepada Allah, karena yang memberi nikmat kehidupan dimuka bumi adalah kuasa sang pencipta,

Jika dikerjakan sebelum maka disebut sunnah qabliyah, sedangkan sesudah maka namanya sunnah ba'diyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar