Kamis, 12 Januari 2012

RUANG LINGKUP BIOLOGI


RUANG LINGKUP BIOLOGI:

RUANG LINGKUP BIOLOGI Nama:Nurul Rufaidah Kurtubi NIM :1001145074 Prodi : Pendidikan Biologi 2b UHAMKA Email : rufaidah.nurul@ymail.com

Daftar Isi:

Daftar Isi Standar kompetensi dan kompetensi dasar Indikator dan Tujuan pembelajaran Objek dan Permasalahan Sel Jaringan Organ Sistem Organ Individu Populasi Komunitas Ekosistem Biosfer Cabang-cabang ilmu biologi

Standar kompetensi dan kompetensi dasar:

Standar kompetensi dan kompetensi dasar Standar kompetensi Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Kompetnsi dasar Mendeskripsikan objek dan permasalah biologi pada berbagai tinggkat organisasi kehidupan ( molekul , sel , jaringan , organ, individu , populasi , ekosistem dan bioma )

Indikator dan Tujuan pembelajaran:

Indikator dan Tujuan pembelajaran Indikator Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek , permasalahan , dan tingkat organisasi kehidupan Menentukan objek , permasalahan , dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi Membuat makalah tentang struktur keilmuan , perkembangan , dan prospek salah satu cabang ilmu biologi Tujuan Mengidentifikasi ruang lingkup biologi Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( sel , jaringan , organ, system organ, individu , populasi , ekosistem , komunitas , biosfer )

Objek dan Permasalahan:

Objek dan Permasalahan Pada saat saintis menemukan adanya gejala-gejala kehidupan , salah satu yang ingin mereka ketahui adalah tentang stukturnya . Hal demikian dilakukan karena mereka mengetahui bahwa semua makhluk hidup atau kehidupan di alam memperlihatkan stuktur yang rapi dalam suatu organisasi . Dunia kehidupan diisi oleh bermacam-macam makhluk hidup . Meskipun makhluk hidup sangat beragam dan kompleks , mereka dapat disatukan di dalam organisasi selular . Melalui organisasi tersebut makhluk hidup dapat dipelajari menurut tingkatan organisasinya .

S E L:

S E L Merupakan tingkat organisasi pertama dalam kehidupan . Sel dibangun oleh molekul-molekul yang terdiri atas atom-atom. Pada tingkatan , biologi memepelajari tentang molekul-molekul penyusun sel dan berbagai proses yang erat kaitannya sebagai pendukung kehidupan .

JARINGAN:

JARINGAN Pada makhluk hidup multiseluler sel-sel yang sama membentuk kelompok khusus yang disebut jaringan . Karena jaringan merupakan organisasi sel-sel , maka jaringan ditempatkan pada tingkat organisasi kedua.pada tingkatan jaringan biologi mempelajari tentang jenis , cirri, dan fungsi dari setiap jaringan . Jaringan saraf Jaringan otot Jaringan tulang

Organ:

Organ Merupakan kumpulan berbagai jaringan yang melekukan suatu fungsi tertentu . Jantung , paru-paru , dan lambung merupakan contoh organ pada tubuh manusia . Organ menempati tingkat organisasi ketiga . Pada tingkatan ini biologi memepelajari tentang struktur dan fungsi organ tersebut didalam tubuh .

SISTEM ORGAN:

SISTEM ORGAN Organ biasanya tidak bekerja sendiri . Sekelompok organ sering kali bekerja bersama-sama untuk menampilkan fungsi-fungsi tertentu membentuk sistem organ. Sistem organ merupakan tingkat organisasi keempat . Salah satu contoh dari sistem organ adalah sistem peredaran darah . Jantung , darah , dan pembuluh darah . Mereka bekerja bersama-sama membawa darah yang mengandung oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh .

INDIVIDU:

INDIVIDU Kombinasi dari sistem-sistem organ yang bekerja bersama-sama dalam melakukan kegiatan kehidupan . Pada tingkat ini , biologi memepelajari tentang ciri , peran , dan bagaimana individumelangsungkan kehidupannya .

POPULASI:

POPULASI Sekelompok individu dari makhluk hidup sejenis yang dapat disilangkan antara yang jantan dan betina serta hidup pada suatu lokasi tertentu . Pada tingkatan ini , biologi mempelajari interakasi antara individu sejenis ( interspesies ) maupun anatarindividu lain jenis ( intraspesies ).

KOMUNITAS:

KOMUNITAS Sekumpulan populasi dari berbagai jenis makhluk hidup yang bersama dalam suatu lokasi tertentu . Pada sebuah komunitas hampir selalu ditemukan wakil-wakil dari monera , protista , metafita , dan metazoan serta semua komponen yang diperlukan untuk kehidupannya . Pada tingkatan ini , biologi mempelajari berbagai interaksi antarapopulasi .

EKOSISTEM:

EKOSISTEM seluruh komunitas bersama dengan lingkungan fisik tempat semua makhluk hidup itu melangsungkan kehidupan . Ekosistem ada beberapa macam , di antaranya adalah ekosistem kolam , hutan , laut , dan sawah .

BIOSFER:

BIOSFER tingkatan yang paling tinggi dalam organisasi kehidupan . Biosfer meliputi semua bagian kulit bumi , air, dan atmosfer tempat adanya kehidupan .

Cabang-cabang Ilmu Biologi:

Cabang-cabang Ilmu Biologi Sebagai cabang dari sains atau ilmu pengetahuan alam (IPA), biologi terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi sehingga ruang lingkupnya menjadi semakin luas . Perkembangan tersebut dapat terlihat dari banyaknya objek yang diamati serta semakin banyaknya hal yang diekperimenkan sehingga telah menghasilkan puluhan , bahkan ratusan penemuan di bidang biologi . Seseorang mungkin tidak akan sanggup untuk meempelajari seluruh bidang kajian biologi secara mendalam sebagai suatu objek studi yang dikuasi . Seseorang mungkin hanya sanggup mendalami salah satu cabang dari biologi . Untuk memperdalam pengetahuan terhadap biologi , kajian biologi telah dibagi menjadi beberapa cabang .

Slide 17:

No Nama Cabang Biologi Bidang kajian 1 Morfologi Mempelajari stuktur laur makhluk hidup 2 Anatomi Mempelajari stuktur dalam makhluk hidup 3 Fisiologi Mempelajari faal organ tubuh makhluk hidup 4 Taksonomi Mempelajari pengkelompokan makhluk hidup 5 Embriologi Mempelajari perkembangan embrio 6 Histologi Mempelajari struktur dan fungsi jaringan-jaringan tubuh makhluk hidup 7 Genetika Mempelajari sifat keturunan beserta seluk beluknya secara ilmiah 8 Ekologi Mempelajari hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan lingkungannya 9 Zoologi Mempelajari dunia hewan 10 Botani Mempelajari dunia tumbuhan 11 Mikrobiologi Mempelajari jasad renik atau mikrob 12 entomologi Mempelajari serangga 13 cytoligi Mempelajari stuktur dan fungsi sel 14 paleontologi Mempelajari fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi 15 Histologi Mempelajari struktur dan fungsi jaringan-jaringan tubuh makhluk hidup 16 Mikologi Mempelajari jamur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar