RUANG LINGKUP BIOLOGI:
RUANG LINGKUP BIOLOGI
Nama:Nurul Rufaidah Kurtubi NIM :1001145074 Prodi : Pendidikan
Biologi 2b UHAMKA Email : rufaidah.nurul@ymail.com
Daftar Isi:
Daftar
Isi Standar kompetensi dan kompetensi dasar Indikator dan Tujuan
pembelajaran Objek dan Permasalahan Sel Jaringan Organ Sistem Organ
Individu Populasi Komunitas Ekosistem Biosfer Cabang-cabang ilmu
biologi
Standar kompetensi dan kompetensi dasar:
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar Standar kompetensi Memahami
hakekat Biologi sebagai ilmu Kompetnsi dasar Mendeskripsikan objek
dan permasalah biologi pada berbagai tinggkat organisasi
kehidupan ( molekul , sel , jaringan , organ, individu , populasi ,
ekosistem dan bioma )
Indikator dan Tujuan pembelajaran:
Indikator
dan Tujuan pembelajaran Indikator Menarik kesimpulan ruang
lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan Menggambar model
struktur keilmuan biologi berdasarkan objek , permasalahan , dan
tingkat organisasi kehidupan Menentukan objek , permasalahan , dan
tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
Membuat makalah tentang struktur keilmuan , perkembangan , dan
prospek salah satu cabang ilmu biologi Tujuan Mengidentifikasi
ruang lingkup biologi Mendeskripsikan objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( sel , jaringan
, organ, system organ, individu , populasi , ekosistem , komunitas ,
biosfer )
Objek dan Permasalahan:
Objek
dan Permasalahan Pada saat saintis menemukan adanya
gejala-gejala kehidupan , salah satu yang ingin mereka ketahui
adalah tentang stukturnya . Hal demikian dilakukan karena mereka
mengetahui bahwa semua makhluk hidup atau kehidupan di alam
memperlihatkan stuktur yang rapi dalam suatu organisasi . Dunia
kehidupan diisi oleh bermacam-macam makhluk hidup . Meskipun
makhluk hidup sangat beragam dan kompleks , mereka dapat
disatukan di dalam organisasi selular . Melalui organisasi
tersebut makhluk hidup dapat dipelajari menurut tingkatan
organisasinya .
S E L:
S E L
Merupakan tingkat organisasi pertama dalam kehidupan . Sel
dibangun oleh molekul-molekul yang terdiri atas atom-atom. Pada
tingkatan , biologi memepelajari tentang molekul-molekul penyusun
sel dan berbagai proses yang erat kaitannya sebagai pendukung
kehidupan .
JARINGAN:
JARINGAN Pada
makhluk hidup multiseluler sel-sel yang sama membentuk kelompok
khusus yang disebut jaringan . Karena jaringan merupakan organisasi
sel-sel , maka jaringan ditempatkan pada tingkat organisasi
kedua.pada tingkatan jaringan biologi mempelajari tentang jenis ,
cirri, dan fungsi dari setiap jaringan . Jaringan saraf Jaringan
otot Jaringan tulang
Organ:
Organ
Merupakan kumpulan berbagai jaringan yang melekukan suatu fungsi
tertentu . Jantung , paru-paru , dan lambung merupakan contoh organ
pada tubuh manusia . Organ menempati tingkat organisasi ketiga .
Pada tingkatan ini biologi memepelajari tentang struktur dan
fungsi organ tersebut didalam tubuh .
SISTEM ORGAN:
SISTEM
ORGAN Organ biasanya tidak bekerja sendiri . Sekelompok organ sering
kali bekerja bersama-sama untuk menampilkan fungsi-fungsi tertentu
membentuk sistem organ. Sistem organ merupakan tingkat organisasi
keempat . Salah satu contoh dari sistem organ adalah sistem
peredaran darah . Jantung , darah , dan pembuluh darah . Mereka
bekerja bersama-sama membawa darah yang mengandung oksigen dan
makanan ke sel-sel tubuh .
INDIVIDU:
INDIVIDU
Kombinasi dari sistem-sistem organ yang bekerja bersama-sama dalam
melakukan kegiatan kehidupan . Pada tingkat ini , biologi
memepelajari tentang ciri , peran , dan bagaimana
individumelangsungkan kehidupannya .
POPULASI:
POPULASI
Sekelompok individu dari makhluk hidup sejenis yang dapat
disilangkan antara yang jantan dan betina serta hidup pada suatu
lokasi tertentu . Pada tingkatan ini , biologi mempelajari
interakasi antara individu sejenis ( interspesies ) maupun
anatarindividu lain jenis ( intraspesies ).
KOMUNITAS:
KOMUNITAS
Sekumpulan populasi dari berbagai jenis makhluk hidup yang
bersama dalam suatu lokasi tertentu . Pada sebuah komunitas
hampir selalu ditemukan wakil-wakil dari monera , protista ,
metafita , dan metazoan serta semua komponen yang diperlukan untuk
kehidupannya . Pada tingkatan ini , biologi mempelajari berbagai
interaksi antarapopulasi .
EKOSISTEM:
EKOSISTEM
seluruh komunitas bersama dengan lingkungan fisik tempat semua
makhluk hidup itu melangsungkan kehidupan . Ekosistem ada
beberapa macam , di antaranya adalah ekosistem kolam , hutan , laut
, dan sawah .
BIOSFER:
BIOSFER
tingkatan yang paling tinggi dalam organisasi kehidupan . Biosfer
meliputi semua bagian kulit bumi , air, dan atmosfer tempat
adanya kehidupan .
Cabang-cabang Ilmu Biologi:
Cabang-cabang
Ilmu Biologi Sebagai cabang dari sains atau ilmu pengetahuan
alam (IPA), biologi terus berkembang sesuai dengan perkembangan
ilmu dan teknologi sehingga ruang lingkupnya menjadi semakin
luas . Perkembangan tersebut dapat terlihat dari banyaknya objek
yang diamati serta semakin banyaknya hal yang diekperimenkan
sehingga telah menghasilkan puluhan , bahkan ratusan penemuan di
bidang biologi . Seseorang mungkin tidak akan sanggup untuk
meempelajari seluruh bidang kajian biologi secara mendalam
sebagai suatu objek studi yang dikuasi . Seseorang mungkin hanya
sanggup mendalami salah satu cabang dari biologi . Untuk
memperdalam pengetahuan terhadap biologi , kajian biologi telah
dibagi menjadi beberapa cabang .
Slide 17:
No
Nama Cabang Biologi Bidang kajian 1 Morfologi Mempelajari stuktur
laur makhluk hidup 2 Anatomi Mempelajari stuktur dalam makhluk hidup 3
Fisiologi Mempelajari faal organ tubuh makhluk hidup 4 Taksonomi
Mempelajari pengkelompokan makhluk hidup 5 Embriologi Mempelajari
perkembangan embrio 6 Histologi Mempelajari struktur dan fungsi
jaringan-jaringan tubuh makhluk hidup 7 Genetika Mempelajari sifat
keturunan beserta seluk beluknya secara ilmiah 8 Ekologi
Mempelajari hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan
lingkungannya 9 Zoologi Mempelajari dunia hewan 10 Botani Mempelajari
dunia tumbuhan 11 Mikrobiologi Mempelajari jasad renik atau mikrob
12 entomologi Mempelajari serangga 13 cytoligi Mempelajari stuktur
dan fungsi sel 14 paleontologi Mempelajari fosil dan hubungannya
dengan sejarah bumi 15 Histologi Mempelajari struktur dan fungsi
jaringan-jaringan tubuh makhluk hidup 16 Mikologi Mempelajari jamur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar