Kamis, 12 Januari 2012

PSIKOLOGI PENDIDIKAN


  • 1. PSIKOLOGI PENDIDIKAN
  • 2. Judul buku : Psikologi Pendidikan Pengarang : Drs. Ahmad Thonthowi Tahun terbit : 1993 Jumlah halaman : 144 Disusun Oleh : Iis Sunartini PSIKOLOGI PENDIDIKAN
  • 3. BAB I PENDAHULUAN Psikologi disebut juga ilmu jiwa, dan ada yang mengatakan psikologi itu ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme dalam hubungan dengan lingkungannya, dan juga sebagai ilmu pengetahuan.
  • 4. Refleksi: Psikologi atau ilmu jiwa pada masa ini sudah berkembang dengan pesat dan merupakan pengetahuan yang sangat dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan alam
  • 5. BAB II PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BEBERAPA IMPLIKASINYA Psikologi pendidikan yaitu suatu cabang yang mempelajari tingkah laku manusia atau anak didik dalam situasi pendidikan. Misalnya peran emosi bagi pelajar, arti perhatian bagi pendidikan.
  • 6. Refleksi: Sebagai cabang-cabang psikologi, psikologi mempunyai kedudukan yang berbeda, yaitu merupakan ilmu pengetahuan yang otonom.
  • 7. BAB III PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pengertian pertumbuhan dan perkembangan secara istilah hampir sama karena pertumbuhan itu sendiri artinya perubahan-perubahan dalam aspek jasmaniah, misalnya pertumbuhan badan. Sedangkan perkembangan yaitu merupakan rangkaian perubahan dari fungsi jasmaniah maupun rohaniah, misalnya perkembangan kemampuan berbicara.
  • 8. Refleksi: Pertumbuhan perkembangan sangat penting bagi kehidupan manusia karena jika tidak ada pertumbuhan dan perkembangan hidup ini tidak akan pernah berkembang.
  • 9. BAB IV HEREDITAS DAN LINKUNGAN PENDIDIKAN Hereditas bisa disebut juga pembawaan/ penurunan faktor-faktor yang berhubungan dengan manusia baik yang mengenai jasmaniah maupun rohaniah. Yang menyebabkan/mempengaruhi seorang anak terhadap segala sesuatu yang terjadi di luar sana yaitu karena faktor lingkungan.
  • 10. Refleksi: Sifat seseorang itu karena adanya hereditas atau pembawaan tetapi pengaruh lingkungan juga dapat mempengaruhinya.
  • 11. BAB V BEBERAPA TINGKAH LAKU ANAK DIDIK YANG PENYING DALAM PENDIDIKAN Banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh anak didik, akan tetapi tidak senantiasa dilakukannya. Hal itu tergantung pada beberapa faktor, diantaranya tergantung pada faktor ada atau tidak adanya motif.
  • 12. Refleksi: Tingkah laku anak didik sangat penting dalam pendidikan karena anak zaman sekarang susah untuk dinasehati, kalau didiamkan terus pada masa mendatang akan hancur walaupun tingkah laku itu bisa saja karena hereditas.
  • 13. BAB VI BELAJAR Pengajaran merupakan aspek yang amat penting dalam proses pendidikan, karena tujuan pengajaran harus sejajar dengan dasar pendidikan.
  • 14. Refleksi: Pendidikan merupakan arah pencapaian cita-cita pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar