Senin, 10 Oktober 2011

Metode Pelatihan

Metode Pengajaran

Dalam teknologi pengajaran kita mengenal berbagai metode pengajaran antara lain: metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelas, studi kasus, role game, simulasi, drama dan psycho drama, dsb. Di Learnit kami menerapkan metode yang paling tepat sesuai sasaran topik bahasan. Pada umumnya metode ceramah untuk memperkenalkan konsep mengambil porsi 25%, sedangkan diskusi kelas, studi kasus, dan simulasi mencapai 60%, sisanya menggunakan pengembangan metode kontigensi sesuai kebutuhan sasaran bahasan. Komposisi ini sebenarnya tidak mutlak, karena pada beberapa modul justru pembahasan soal ujian mengambil porsi terbesar. Misalnya Modul MCSE BootCAMP dan CCNA BootCAMP pembahasan soal ujian bahkan mencapai 65%. Ini semua tergantung pada sasaran modul tersebut. Intinya adalah penerapan metode pengajaran yang paling efektif, tergantung pada target materi atau pokok bahasan tersebut. Kami memahami benar prinsip ini.

Pemilihan Modul

Kami hanya mengembangkan modul-modul yang memang merupakan tools, engines, teknik atau metode yang terbaik di bidangnya, dan sangat dibutuhkan di pasar dunia bisnis umumnya. Trend arsitektur dan infrastruktur IT sekarang menyatakan bahwa tools dan engines yang terbaik adalah tools dan engines yang fleksibel, terbuka, platform independent (hardware, OS), mendukung konsep standard protokol dan middleware khususnya TCP/IP, ODBC, JDBC, ORB/CORBA, dan standar-standar lainnya yang telah dipakai dan disepakti secara umum. Tools dan engines seperti: ORACLE, Java, C, C++, dan DELPHI dengan Kylix-nya dalam batasan tertentu telah memenuhi syarat diatas. Dapat kita amati misalnya betapa fleksible, terbuka dan sangat platform independent tools seperti JAVA, C, dan C++. ORACLE juga mampu running di atas NT, UNIX, Linux, dan sejumlah OS-nya IBM. Memilih tools, engines, teknik dan metode terbaik dan dikembangkan menjadi modul pelatihan yang efektif telah menjadi tekad kami di Learnit untuk kemajuan dunia IT dan sumber daya manusia di bidang IT.

Kualitas dan Sistimatika Materi

 
Penyusunan materi didasarkan semata atas analisis fungsi dari teknik, metode, tools, engines atau teknologi tersebut untuk menyelesaikan masalah (business solution). Bukan atas dasar features teknologi tersebut. Dengan demikian peserta akan memahami inti dari konsep teknologi yang ada dan teknik penggunaannya untuk menyelesaikan masalah. Bukan menghafalkan seluruh features dari suatu teknologi. Berdasarkan konsep ini, sistimatika materi pelatihan di Learnit dan metode penyajiannya kami kembangkan.

Metode Ujian & Ujian Sertifikasi Internasional

Sistem ujian adalah on line interaktif langsung di komputer. Dengan cara ini, kami dapat menerapkan metode ujian adaptif (adative system). Dalam sistem adaptif jawaban soal sebelumnya akan menentukan soal selanjutnya. Jadi jika jawaban peserta mengenai topik A sudah benar, maka pertanyaan berikutnya pasti bukan mengenai topik A. Sebaliknya jika jawabannya salah, maka pertanyaan menyangkut topik tersebut akan muncul kembali, untuk memastikan penguasaan peserta akan topik tersebut.
Untuk ujian sertifikasi internasional, Learnit memfasilitasi 2 jenis ujian internasional, yaitu dari Tekmetrics - Brain Bench dan Sylvan - Prometrics, keduanya adalah badan sertifikasi ujian dari USA yang diakui secara internasional. Ujian dari Brain Bench sudah termasuk dalam paket biaya standar yang telah dibayarkan, sedangkan biaya ujian Prometric belum termasuk, kecuali jika disebutkan khusus, seperti pemberian Voucher Ujian untuk Modul MCSE BootCAMP.

Sistem Kelas Kecil

Di Learnit, kami menerapkan sistem kelas kecil dengan maksimum 8 peserta per kelas, untuk menjaga kualitas proses pembelajaran. Dalam formasi kelas seperti itu, kami juga mengaktifkan seorang asisten untuk membantu instruktur/facilitator dalam kegiatan praktek, simulasi, dan pengerjaan proyek. Dengan sistem seperti ini kualitas dan efektifitas proses belajar menjadi lebih terjamin.

Benefit & Fasilitas lainnya

Learnit telah melengkapi keseluruhan fasilitas belajar dengan infrastruktur teknologi terbaru, baik hardware maupun software. Standar Minimum PC adalah Pentium III, dilengkapi dengan jaringan LAN, Intranet, dan sambungan Internet. Juga digunakan tools presentasi terbaru, menggunakan projector TV dan camera. Nikmati suasana belajar yang efektif namun santai dalam suasana rekreatif di hotel berbintang di Jakarta. Nikmati unlimitted snacks, dan lunch buffet di cafe hotel. Learnit juga memberikan penggantian biaya transport harian bagi peserta training.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar